17 Mei 2012

Rawat Mesin Potong Rumput Untuk Tukang Taman 2


Tools andalan perawatan taman adalah mesin, dengan itu semua pekerjaan cepat selesai dan semua tindakan perawatan, pemotongan rumput, pemupukan, pencabutan gulma, pembentukan tanaman, kebersihan dan penyiraman akan terpenuhi, kalau perlu sedikit sulam tanaman yang beranak agar lebih merata. Semua itu akibat peralatan terpelihara dan tidak bermasalah.

Nah, setelah pulang habis kerja, cek mesin anda lalu bersihkan dan rawatlah, berikut ini sedikit tips merawat mesin potong rumput dari Taman Saya.

Pertama, pastikan campuran bensin dengan oli samping sesuai petunjuk dan tercampur rata, cek oli mesin ditempat datar dengan membuka penutup oli dan pastikan oli ada dan penuh sesuai parameter yang ada ditutup oli, ganti oli mesin secara periodik.

Kedua, gunakan pisau standartnya atau pisau modifikasi asal seimbang dan lobang pengunci pisau pas dengan dudukannya, kencangkan agar tidak cepat aus sehingga getaran tidak besar.

Ketiga, beri stempet pada kedua ujung kabel ke mesin dan ke pisau, kabel putar beri stempet bercampur oli sedikit agar lebih halus putarannya dan menjaga dari keausan.

Keempat, karena memakai bensin campur maka  bersihkan busi secara rutin dan gantilah busi bila tenaga menurun, bila piston berkerak bawa saja kebengkel untuk membersihkan keraknya.

Kelima, jangan sampai mesin terkena air terutama pada tabung bensin dan bukalah karburator bagian bawah untuk membuang air serta kotoran (jangan merombak setelan, ingat hanya bagian bawah karburator, bukan keseluruhan).

Keenam, pakailah mesin potong dengan bijak, hindari pisau menatap batu secara maksimal, dinginkan mesin jangan dipakai terlalu lama.

Ketujuh, sehebat apapun keahlian anda dalam menggunakan mesin untuk memangkas rumput, memotong ranting, membentuk tanaman berbatang keras atau berbatang lunak, alangkah baiknya selalu perbaiki teknik dan sempurnakan dengan berbagi dan melihat teknik teman-teman anda.

Kedelapan, lengkapi donk tulisan ini dengan pengalaman anda di kotak komentar, hi.. hi.. hi.. 

Terus terang saya bukan operator mesin potong rumput karena saya adalah motornya pekerja taman agar bekerja dan yang mengatasi kendala di lapangan.

Salam Berbagi Manfaat,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

47 komentar:

anto mengatakan...

Selamat sore pak,
di sini saya mau tanya...?
mesin potong rumput teman saya rusak.
kondisi karburator masih bagus,tapi ketika di maenin gas nya,
mesin potong nyala,tapi pisaunya ga jalan,spiral bagus.
udah saya bongkar karburatornya...saya sudah service dan
sampe kanibal jg.
kampas kopling sudah saya ganti yg saya bingung kampas kopling
kan harus main di saat gas di jalanin.ini hanya muter seperti jarum jam pas gas nya sy full in.
protect kampas kopling terletak dimana ya pak?
terimakasih :)

Frans mengatakan...

apa bedanya mesin pemotong rumput yang kayak backpack, dengan yang cuma di sarungkan di pundak ?
mana yang lebih baik ?

mblex singak mengatakan...

Coba dicek kabel fleksibelnyaa,,,yangg adaa didalam stang

Arjuna Wibisana mengatakan...

gimana caranya agar mesin rumput irit bahan bakar?

Anonim mengatakan...

mhon pencerahan pak mesin rumput saya sering mati busi shingga saya harus gonta ganti busi baru pada hal baru 2jam dipake..bahkan kurang..

Anonim mengatakan...

Soal bensin 4 liter olisamping brapa tutup?(pakai jerigen)

Anonim mengatakan...

mohon pencerahannya pak..
mesin potong rumput saya susah hidupnya. jika hidup itupun gak lama.
trus di karburator sering keluar bahan bakarnya yg mungkin berlebih. tolong bantuin
gimana cara memperbaikinya pak. trims sebelumnya.

nanang triatna mengatakan...

Mesin potong rumput Cari - cari lubang utk isi oli / ganti oli di sebelah mna ya,,,,

Start Business in Delhi mengatakan...

Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment on this one!

Web Developers Delhi mengatakan...

Awesome work.Just wanted to drop a comment and say I am new to your blog and really like what I am reading.Thanks for the share

Anonim mengatakan...

Mesin saya kalau di gas sering gasnya terus membesar sendiri,..jadi kayak lepas kendali gitu. Gimana ya memperbaikinya?.. Agar mesinnya sesuai gas yang kita butuhkan.. gak liar gitu?..
Mohon petunjukknya ya...

M.haratullisan@gmail.com mengatakan...

Ring pistonx mungkin bermasalah

Johan SP mengatakan...

gunakan oli samping 2tak yang bagus, dan usahakan tidak menggunakannya terlalu lama, maksimalb1 jam kerja, istirahat, sambil asah blade kita, agar tidak berat tenaganya.


muhammad irfani mengatakan...

Apakahbsemua mesin rumputnada olinsampingnya?
Kalo punyabsaya merk star gak bisa nyala karbu bagus pengapian busi juga bagus...
Knp y..mohon pencerahannya..?

ronggur mardapar mengatakan...

saya punya mesin pemotong rumput gendong yang gas nya kadang tiba2 meninggi sendirinya atau tidak stabil kecepatannya. mohon penjelasannya om penyebab nya itu. trimakasih..

Waone Batandos mengatakan...

Berapa perbandingan bensin dan oli yang bagus untuk bahan bakar campurannya...

Dolfie Damuling mengatakan...

sama kayak pnya aku jg gitu

UX Designers Delhi mengatakan...

Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

Nelda S Nata mengatakan...

Tanya gan, oli mesin rumput merk yasuka ada ga ya, saya cari2 kok ga ada tmpat isi oli, mohon pnjlasan gan

Nelda S Nata mengatakan...

Tanya gan, oli mesin rumput merk yasuka ada ga ya, saya cari2 kok ga ada tmpat isi oli, mohon pnjlasan gan

Darwin Saputra mengatakan...

Mainkan jarum bensin di dalam karburator nya.

rois mengatakan...

Kalo service nesin potong rumput di daerah bekasi sebelah mana ya tepatnya? Thx

Web Designers Pitampura mengatakan...

Hey keep posting such good and meaningful articles.

SMP NEGERI 272 JAKARTA mengatakan...

Numpang tanya gan, saya ganti kampas mesin potong rumput setelah selesai saya pasang mesin saya hidupkan, mesinhidup tetapi lidahnya ga muter know itu gan, salahnya dimana ya?

SMP NEGERI 272 JAKARTA mengatakan...

Numpang tanya gan, saya ganti kampas mesin potong rumput setelah selesai saya pasang mesin saya hidupkan, mesinhidup tetapi lidahnya ga muter know itu gan, salahnya dimana ya?

Hisyam Maysih mengatakan...

Mesin saya gk mau nyala,businya sdh saya ganti baru.. strumnya jga stabil knp gan ?? Mohon tukar pendapat

Indra Tanjung Tanjung mengatakan...

Mas bro, boleh kah minyak pertamak untuk mesin potong rumput

Cinta Lestry mengatakan...

Saya busi nya. Mti trs gima.a gan

Cinta Lestry mengatakan...

Tlg dong busi nya mti2 trs gan

Samsunda cilingir mengatakan...

Selam yonetici admin siteniz cok guzel basarilarinizin devamini bekleriz

Hardjono Conge mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
eva lala mengatakan...

Mesin rumput saya yang murah sja tapi punya masalah nya mati tiba2 dan panas bila nak hidup susah mau tarik keras tapi bila sejuk senang pula nak tarik.

Agus Setiyadi mengatakan...

Saya mau nanya pak, sebetlnya mesin potong rumput itu pakai oli mesin atau tidak

Anonim mengatakan...

Boleh sekali malahan lebih bagus klo pakai pertamak

Anonim mengatakan...

Yang 4tak memakai oli mesin yg di ganti setiap beberapa jam pemakayan tergantung kualitas oli yg digunakan. Klo yg 2tak tidak menggunakan oli mesin tapi sebagai gantinya menggunakan oli 2t yang dicampur sama bahan bakarnya..

Anonim mengatakan...

Coba bersihkan karburatornya sama saringan udaranya dan setel tuas udaranya dan gunakan busi merek stihl/still. Jika membersihkan busi setelah pemakayan/sebelum mengunakan mesin jangan lupa saringan udara juga ikut dibesikan ini untuk yg mesin 2tak untuk menghilangkan oli yang nempel di busa saringan udara. Semoga jawaban ini bisa sedikit membantu mengatasi masalah anda

Blue monkey Villa resort kuta lombok mengatakan...

pak mau tanya, saya baru beli mesin pemotong rumput yang terbaru merek tasco yang di dorong itu tapi baru saya pakek dua hari sudah gak bisa hidup, mau perbaiki tapi jauh ke kota tempat saya beli, kira-kira apa ya penyebabnya sehingga gak bisa hidup sama sekali mohon pencerahanya

roman titisan mengatakan...

Wahahaha mesin 2 tak mana da oli mesinnya, iya ada kalo sepeda motor buat transmisinya aja. Potongvrumput 2 tak memang praktis olinya udah nyampur dg bensin tp sering sulit hidup ketika dinyalakan alias rewel apalagi kalo perbandingan oli vs bensin ga ngikut aturan....sedang bila idup kadang gas tiba2 besar sendiri maka harus dimatikan n setel kabel jarum karburator

roman titisan mengatakan...

Saya biasanya 1 liter bensin + 2tutup oli samping

roman titisan mengatakan...

Ga bakal ketemu...kecuali kalo yg mesin 4 tak baru ada

agus mengatakan...

sy punya mesin rumput honda 4 tak... dulu susah bunyi tiap dan pada saat bunyi cepat mati,
setelah sy utak atik ternyata seblum start apalgi lama tidak bunyi harus di pompa karbunya dgn jln menekan nekan karet bundar yg terletak di bawa karbu sampe keluar bensin di selang pembuangan, kemudian d start bunyi deh..
trus kurang tenaga sy stell klepnya pke silet kemudian sy kuatkan , dan hasilx bagus deh

edhot khm mengatakan...

minta pencerahan..mesin saya tasco 328 baru beli 3 bulan yl...sudah 3x pakai....sekarang mau di pakai lagi tp baru sebentar pakai kok block mesinnya sudah panas.....

Unknown mengatakan...

Toko kuat sebelah utara stasiun atau samping rel proyek ( ruko kecil ) spare part lengkap di toko kuat atau di prima tek proyek

Buy Contact Lenses mengatakan...

Hey keep posting such good and meaningful articles.

GST Registration Delhi mengatakan...

I am totally stunned by your article. You saved my time I would have wasted by browsing for same information on internet. Thanks a million for sharing this article.

Andhika Willy Wardana mengatakan...

Kuras bensinnya pas mau menyalakan pertama sampai tampungan di karburator kosong https://youtu.be/bvmXdkJtZ60

King Lil Pablo mengatakan...

Sama aja.. Mesin sering mati. Bahan bakar sering kluar sendiri itu karena camputan oli sama bensin kurang stabil.. Coba lepas busi dan lihat kalau basah dan kepala busi hitam berarti harus di amplas sampai bersih.. Cabut karburator dan cuci semua bagiannya.. Dengan bensin murni. Pasang kembali seperti semula..!! Main gas beberapa kali sebelum di star.. Itu solusinya

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru