17 Mei 2012

Rawat Mesin Potong Rumput Untuk Tukang Taman 2


Tools andalan perawatan taman adalah mesin, dengan itu semua pekerjaan cepat selesai dan semua tindakan perawatan, pemotongan rumput, pemupukan, pencabutan gulma, pembentukan tanaman, kebersihan dan penyiraman akan terpenuhi, kalau perlu sedikit sulam tanaman yang beranak agar lebih merata. Semua itu akibat peralatan terpelihara dan tidak bermasalah.

Nah, setelah pulang habis kerja, cek mesin anda lalu bersihkan dan rawatlah, berikut ini sedikit tips merawat mesin potong rumput dari Taman Saya.

Pertama, pastikan campuran bensin dengan oli samping sesuai petunjuk dan tercampur rata, cek oli mesin ditempat datar dengan membuka penutup oli dan pastikan oli ada dan penuh sesuai parameter yang ada ditutup oli, ganti oli mesin secara periodik.

Kedua, gunakan pisau standartnya atau pisau modifikasi asal seimbang dan lobang pengunci pisau pas dengan dudukannya, kencangkan agar tidak cepat aus sehingga getaran tidak besar.

Ketiga, beri stempet pada kedua ujung kabel ke mesin dan ke pisau, kabel putar beri stempet bercampur oli sedikit agar lebih halus putarannya dan menjaga dari keausan.

Keempat, karena memakai bensin campur maka  bersihkan busi secara rutin dan gantilah busi bila tenaga menurun, bila piston berkerak bawa saja kebengkel untuk membersihkan keraknya.

Kelima, jangan sampai mesin terkena air terutama pada tabung bensin dan bukalah karburator bagian bawah untuk membuang air serta kotoran (jangan merombak setelan, ingat hanya bagian bawah karburator, bukan keseluruhan).

Keenam, pakailah mesin potong dengan bijak, hindari pisau menatap batu secara maksimal, dinginkan mesin jangan dipakai terlalu lama.

Ketujuh, sehebat apapun keahlian anda dalam menggunakan mesin untuk memangkas rumput, memotong ranting, membentuk tanaman berbatang keras atau berbatang lunak, alangkah baiknya selalu perbaiki teknik dan sempurnakan dengan berbagi dan melihat teknik teman-teman anda.

Kedelapan, lengkapi donk tulisan ini dengan pengalaman anda di kotak komentar, hi.. hi.. hi.. 

Terus terang saya bukan operator mesin potong rumput karena saya adalah motornya pekerja taman agar bekerja dan yang mengatasi kendala di lapangan.

Salam Berbagi Manfaat,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

5 komentar:

anto mengatakan...

Selamat sore pak,
di sini saya mau tanya...?
mesin potong rumput teman saya rusak.
kondisi karburator masih bagus,tapi ketika di maenin gas nya,
mesin potong nyala,tapi pisaunya ga jalan,spiral bagus.
udah saya bongkar karburatornya...saya sudah service dan
sampe kanibal jg.
kampas kopling sudah saya ganti yg saya bingung kampas kopling
kan harus main di saat gas di jalanin.ini hanya muter seperti jarum jam pas gas nya sy full in.
protect kampas kopling terletak dimana ya pak?
terimakasih :)

Frans mengatakan...

apa bedanya mesin pemotong rumput yang kayak backpack, dengan yang cuma di sarungkan di pundak ?
mana yang lebih baik ?

mblex singak mengatakan...

Coba dicek kabel fleksibelnyaa,,,yangg adaa didalam stang

Arjuna Wibisana mengatakan...

gimana caranya agar mesin rumput irit bahan bakar?

Anonim mengatakan...

mhon pencerahan pak mesin rumput saya sering mati busi shingga saya harus gonta ganti busi baru pada hal baru 2jam dipake..bahkan kurang..

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru