9 Jun 2011

Pucuk Merah Mudah di Bentuk



Tanaman pucuk merah ini awal trendnya membuat pedagang enggan untuk kulakan karena masih ratusan ribu untuk ukuran tinggi 60cm, tetapi waktu melihat tanaman mulai dewasa di berm utama perumahan dengan model yang mulai diatur, sangatlah indah. Sekarang sudah terjangkau harganya.

Tanaman yang dikenal dengan nama pucuk merah atau dalam bahasa latinnya bernama Syzigium oleina merupakan tanaman yang berciri khas memiliki daun yang berwarna merah dan hijau. Daun tumbuh rapat antara satu daun dengan daun lainnya. Tekstur daun halus dengan panjang daun berkisar 5 cm dan permukaan daun yang mengkilap. Saat daun masih pucuk dan muda, daun akan berwarna merah. Kemudian warna daun akan berubah menjadi hijau saat daun semakin tua. Inilah alasan tanaman ini dikenal dengan nama pucuk merah. Tanaman ini akan selalu menghasilkan dua warna karena daun muda yang berwarna merah akan bermunculan sehingga warna tanaman menjadi hijau merah.

Diameter tanaman dapat mencapai 30 cm dengan tinggi mencapai 7 meter. Usia tanaman dapat mencapai puluhan tahun. Besarnya tanaman dapat membuat rumah Anda terlihat sejuk. Kerimbunan dan keunikan warna daun tanaman Pucuk Merah menjadikannya dipilih sebagai penghias rumah dan taman terutama sangatlah cocok untuk berm dan rumah yang berhalaman luas.

Pucuk merah merupakan tanaman panas yang butuh sinar matahari cukup, kalau tidak mendapat panas sama sekali maka pucuknya tidak seperti yang diharapkan. Selain itu tanaman ini mudah dipelihara, mudah dibentuk dengan cara memangkasnya, seperti bulat, lonjong dan persegi serta model lainnya.

Untuk memperoleh tanaman pucuk merah, biasanya dapat ditemukan pada penjual tanaman di pinggir jalan, terlebih saat ini tanaman dengan daun 2 warna ini sedang menjadi favorit. Harganya tidak terlalu mahal, berkisar Rp 20.000,- hingga Rp 50.000,- untuk tanaman dengan tinggi 20 cm – 50 cm. Sebagai media tanam bila di tanam di pot, Anda dapat mengkombinasikan antara tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan sesuka hati yang menanam (dengan hati yang bersukacita), bila sudah besar hendaknya ditanan di berm rumah berjajar beberapa pohon seperti foto mbak Natalia Ririh di atas, pasti akan menambah penampilannya. Jangan lupa pupuk, siraman, pangkas berkala.

Rekomended untuk berm formal.

Label: ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

3 komentar:

Ade Putra mengatakan...

thx gan

Aspiandi mengatakan...

info yang sangat bermanfaat,,,

online business mengatakan...

sy nanam pohon ini 8 d tanah , trus sy pindahkan ke pot eh kok malah jd kering , alasannya mau d semen tanahnya , matikah tanaman sy ? kering semua lagi ,,, msh bisa dielamatkan gak ya , mohon bimbingannya , trims

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru