15 Sep 2010

Hama Tanaman Hias - Kwangwung

taman-saya.blogspot.com
Untuk developer, kontraktor taman, perawat taman, perseorangan, ini obat pusing kalian yang berhubungan dengan hama pada pohon kelapa, sawit, palem, kurma, dan berbagai jenis palem lainnya.

Hama tanaman yang satu ini serangan awalnya tidak terlihat, hanya satu dua daun saja tiba-tiba putus, jangan di remehkan, karena dengan putusnya daun tanpa sebab itu adalah awal dari serangan hama kwangwung, atau kumbang tanduk yang bentuknya sedikit aneh itu, dan bila tidak ada perawatan yang rutin maka menyebabkan palem mati 4 bulan atau 1 tahun kemudian, tergantung dari kerasnya batang palem.

Periksalah apakah daun yang putus itu karena dipangkas atau dimakan sesuatu, tahu khan maksudnya, batang palem keropos kering itu karena rayap, tetapi batang palem keropos basah coba belah apakah telah menjadi sarang kwangwung bertelur. Sebaiknya bila ada pohon palem mati lebih dari 6 bulan penanaman maka bakarlah batang tersebut.

Tanah disekitar pohon palem juga merupakan sarang dari larva kwangwung, ini juga perlu perhatian khusus.

Untuk pohon palem yang jenisnya tidak lebih tiga meter kebawah, pehatikan bila terjadi pupus daun yang rusak pada ujung batang atau pupusnya tiba-tiba putus atau mengering.

Ini resepnya, pakai jenis insektisida yang butiran, direkomendasikan Diazinon yang paling mujarab, warna butirannya ungu kemerahan tanda racun kuat dari jenis racun lambung (yaitu bekerja bila termakan).

Aplikasinya yaitu dengan ditaburkan pada ketiak daun tanaman (pertemuan batang dengan daun di sisi atas pelepah) dilakukan secara berkala.


Untuk di tanah, gali mengelilingi batang dalamnya sekitar 15 cm, dan taburkan secukupnya, dilakukan secara berkala.

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru