11 Nov 2011

Tabebuia Bak Sakura Rekomendasi Tukang Taman Surabaya

Tabebuia chrysotricha

Tanaman hias Tabebuia atau golden trumpet tree berbunga lebat di trotoar jalan di kota Surabaya, taman saya jadi teringat Bunga Sakura Jepang yang hanya 2 minggu berbunga, demikian juga bunga tabebuia hanya seumur itu bunganya. Tetapi wow keren . ., yuk bikin Kota Surabaya kuning walau hanya sebentar, dan pastinya bunga ini gampang tumbuh dan mudah sekali memperbanyaknya.

Tanaman berbunga indah ini memang luar biasa, taman saya merekomendasikan untuk taman rumah bapak ibu, kalau orang lapangan dalam bidang seni taman seperti saya sudah merekomendasi berarti turutilah, akan lebih banyak manfaatnya daripada kelemahan.

Tanaman tabebuia yang kuning terompet berasal dari Brasil dengan nama latin tabebuia chrysotricha, ada banyak sekali spesies tabebuia dan berasal dari berbagai negara dengan genus tabebuia dan dengan warna bunga beraneka macam, tetapi yang sering dijumpai di Indonesia yang kuning terompet dengan motif garis warna ungu di dalam bunga.

Pada akhir tahun 2005 saya mengenal tanaman ini, lumayan juga harganya pada saat itu, biasa. . . awal trend akan sesuatu yang baru dan permintaan pasar yang besar menentukan harga.

Saya tulis tentang tabebuia gara-gara berm depan rumah saya tempat tanaman ini tinggal menunjukkan kehebatan dan keindahannya, empat tahun hanya berbunga serumpun saja setiap tahun, pada saat tahun kelima ini wow seluruh pucuk ranting pohon tumbuh bunga tinggal satu dua daun, semuanya bunga, (berhasil-berhasil..kata dora), penuh bunga mirip Sakura Jepang saat sedang bermekaran.

Waktu lewat jalan di Surabaya, beberapa trotoar vasum tengah biasa disebut jalur hijau, tampak beberapa tanaman tabebuia juga sedang berbunga lebat, sayang tidak serentak. Sebenarnya sangat mudah mengenali tanaman ini akan berbunga (dari pengamatan taman saya setiap tahun), akhir musim kemarau adalah tanda tanaman tabebuia akan berbunga.

Saat mendekati akhir musim kemarau 2 bulan sebelumnya, pupuk dengan NPK yang banyak unsur phospornya itu lalu siram yang rutin, tabebuia akan menunjukkan keindahannya walau hanya sebentar TAPI AKU PUAS - tukang taman puas, hwakakak...., gengsinya bertambah seperti memiliki tanaman hias yang tidak akan mampu untuk dibeli seseorang pada waktu itu, dan tentunya akan mendapat pujian dari tetangga bila melewati rumahnya.

Pingin tahu kehebatan lainnya, yaitu daunnya tidak mudah rontok, aktivitas menyapu halaman jadi tidak berat, tidak berlaku pada saat musim berbunga, karena hampir 100% daunnya akan rontok dan berganti menjadi bunga pada tanaman dewasa.

Kehebatan lain kata taman saya yaitu bahwa akarnya tidak merusak berm atau tembok walau berbatang keras, dengan syarat jaga ketinggian pohon sekitar empat atau lima meter saja dengan memangkasnya.

Satu lagi kehebatannya, menurut taman saya yang tukang plus desain taman dan temannya yang desain gambar taman kawakan tapi tidak bisa aplikasi lapangan..he..he.. (piz, Fatchurohman), bahwa jatuhnya batang dan ranting pohon kekiri, kekanan, kedepan, kebelakang, maupun keatas enak untuk dipandang mata, dan asyik untuk dijadikan contoh gambar sketsa taman serta cocok untuk ditempatkan di berm rumah, taman depan rumah, taman belakang rumah asal mendapat cahaya matahari langsung.

Kelemahannya adalah bahwa batangnya rapuh saat masih muda, daunnya tidak terlalu lebat seperti pohon mangga yang daunnya banyak rontok itu, tetapi cukup rindang juga untuk peneduh seperti paranet atau waringnet 70%. Jadi dapat disimpulkan bahwa tanaman ini adalah rekomendasi untuk komponen taman yang baik.

Salam Tabebuia Sakura,

Update gambar :

Tabebuia chrysotricha

Lokasi jalur hijau Kalimas Surabaya, tanggal 13 Mei 2012, sayang tidak semua tanaman tabebuia berbunga penuh seperti ini.

Label: , ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

4 komentar:

asep mengatakan...

saya punya halaman luas sekitar 6m x 11m, maunya dibuat taman
tapi ditengahnya kepingin ada jalan mobil, baiknya gimana pa?

Anton Purwono mengatakan...

Bapak Asep, orientasi taman dengan jalan seperti itu adalah
harapan anda, yang terbaik adalah ide anda, kalau jalan
diutamakan maka pakai saja tanaman dalam pot, dan kalau
taman yang nomer satu buatlah taman semi permanen. Ini agar
mudah dipindahkan saja bila kurang sesuai dikemudian hari.

Anonim mengatakan...

kira2 harga tanaman Tabebuia ini berapa.? krn melihat ulasan
dari bapak saya meras tertarik, tp kendala'a skrg posisi saya
berada di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). jd klo dah di
Akomodasikan biaya keseluruhan'a berapa.?

Anton Purwono mengatakan...

maaf tidak dijawab, spesifikasi tidak lengkap,
coba di email saya: cempoko7@gmailcom

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru