8 Okt 2010

Ke Taman Impian 2 - Sejarah Taman Batu Jepang

Taman Saya - Buat Taman Jepang

Membuat taman itu mudah, tinggal panggil tukang taman selesai sudah. Tetapi bagi orang yang mencintai taman, masih ada banyak cerita, arti dan makna dibalik taman yang dirawatnya. (seperti seni fotografi, satu gambar bisa menceriterakan banyak hal), ada baiknya kita belajar sejarah taman.

Menurut sejarah taman batu Jepang yang ditulis oleh Matsu Yoshikawa, dokumen tertua mengenai taman Jepang yang pertama adalah "pulau" yang dibangun Sogano Umako di tepi Sungai Asuka.

Berdasar ide tersebut, di rumah kediamannya, Pangeran Kusakabe membangun taman untuk menggambarkan lanskap alam yang terdiri dari pulau berukuran sedang, jembatan, kolam, dan pantai berbatu-batu.

Pada zaman Nara, Taman Toin di Istana Heijo dibangun dengan menggunakan batu-batu untuk menggambarkan pemandangan laut, tepi sungai, tepi laut, dan air yang mengalir.

zaman Heian populer taman-taman yang dibangun dengan kolam berukuran besar, air merupakan elemen dasar dalam taman Jepang waktu itu.

zaman Kamakura dikenal biksu-biksu ahli pertamanan (ishitadeso). Pembangunan taman waktu itu didasarkan oleh tradisi pertamanan Jepang yang dipadukan dengan filsafat Zen, serta seni, budaya, dan filsafat dari Cina.

Kesulitan air menjadikan mereka membangun taman dari batu-batu yang disebut karesansui. Lanskap alam seperti sungai dan gunung dapat dilambangkan hanya dengan sebuah batu.

Teknik pertamanan berkembang pesat di Jepang pada zaman Muromachi berkat taman batu Jepang yang dirancang dan dibangun oleh Zenami dan pemikiran dari ahli pertamanan bernama Muso Soseki.

Poin yang didapat: 

Membangun taman dengan filsafat, sulitnya air menjadi dasar adanya taman kering, tetapi sekarang sepertinya bagian dari gaya hidup, dan ternyata benda seperti gunung, sungai dapat dilambangkan dengan bentuk abstrak batu.

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru