13 Jul 2011

Tips Buat Taman dan Menekan Biaya Pembuatan



Membuat taman di halaman rumah dengan modal yang sangat minim dapat dilakukan, sebenarnya yang mahal adalah komponen tanaman dan perlengkapan lain yang mempercantik taman.

Oke langsung saja saya ke topik bahasan, hal-hal berikut di bawah tidak bisa ditawar sebagai materi utamanya, yaitu tanah taman, pupuk kompos atau kandang, dan rumput sebagai latar belakang hijau.

Jangan pernah mengurangi kebutuhan bahan di atas, biasanya konsumen sering merasa terlalu berat dengan biaya material ini, padahal itu semua penentu masa depan tanaman yang di tanam dalam kurun waktu lama.

Tanah taman yang gembur bila dipadatkan akan menyusut, apalagi bila kena siram air, jadi sebaiknya kebutuhan tanah dilebihkan untuk menjaga kontur tanah dimasa yang akan datang, pupuk yang ditanam bersama tanaman akan menjaga kegemburan tanah agar akar baru tanaman mudah berkembang, rumput yang rapat juga akan menjaga kontur tanah yang dibuat dan rumput taman tidak kalah dengan gulma (kecepatan tumbuh gulma lebih cepat dari rumput taman).

Masih seputar tips buat taman saja, kok masih jauh dari topik yaa . . he..he..he..

Tenang,.. kita ini sedang membuat taman, bukan sulapan . . alias bagus di muka, bermasalah di belakang.

Nah, untuk menekan biaya pembuatan taman sebaiknya jangan memakai tanaman mahal atau setidaknya untuk tanaman utama beli yang sedikit lebih kecil agar murah, sedangkan untuk tanaman pelengkap belilah setengah dari kebutuhan yang direncanakan.

Hwakakaka. . . tamannya terlihat lucu. . .
Memang iya sekarang terlihat lucu. . .

Tetapi, dengan perawatan yang rutin lihatlah karya itu 3 bulan kedepan, anda akan melihat hal yang luar biasa, tadinya tanaman jarang-jarang, kini mulai menutup dan berkembang.

Satu tahun kemudian anda kerepotan memangkas tanaman.

Tahun berikutnya, rumah anda akan seperti hutan. hwakakaka. . .

Kesimpulannya, membuat taman sesuai dengan harapan kita itu perlu pengetahuan yang cukup tentang tanaman, apalagi tanaman yang berbatang keras, tanaman itu bertumbuh dan menjadi besar, bila kita bisa memanfaatkan sifat tanaman maka dapat pula kita menekan biaya yang dikeluarkan untuk membuat taman.

Masih banyak tips-tips yang belum dituangkan dalam tulisan, kalau ingin mendapatkan artikel pengalaman saya terbaru, boleh. . . (kotak subscribenya bisa di isi.)

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Isbayu Artha Nugraha mengatakan...

makasih banyak buat tipsnya emang kalo perawatannya ya yang paling repot dan malesin tapi itu letak seni dan kepuasannya. intinya tanah, pupuk dan rumput ya komponen utamanya.
oya mohon maaf ya gan sebelumnya, ane mau numpang share beberapa info barangkali ada yang lagi nyari rumah, bisa cek beberapa link di bawah ini hehehe



Perumahan Baru
perumahan murah baru
perumahan samarinda baru
perumahan seroja baru

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru