4 Sep 2011

Warna Batu dan Tebing Taman Indah Cantik Alami

alam batu kali | Taman Saya

Taman indah dengan kolam dan tebing dari batu alam memang sangat cantik dan menarik tapi biaya buat taman jadi tinggi, oleh karena itu ini adalah gambar contoh batu kali dengan warna alami yang dapat menjadi acuan untuk membuat arifisial menjadi mirip aslinya, gambar batu ini diambil di Malang pegunungan.

Hasil dari mudik ini memberi inspirasi saya untuk memberi masukan warna natural yang kadang sayapun lupa warna asli dari tebing dan artifisial lain yang murni dari alam.

Kadang ingat kadang lupa karena rancu dengan sering melihat buatan teman-teman tukang taman, ide dan kombinasi warna mereka hebat bisa menipu pandangan mata sehingga perlu juga saya menyegarkan ingatan ini untuk kembali ke corak semula dari hasil sesungguhnya yang ingin dicapai.

Gambar batu ini asli tidak di coating atau pernis, hanya saya siram dengan air sungai agar tampak mengkilat dan segar, teknik ini biasa diterapkan untuk tanaman agar tampak segar menghilangkan debu agar matapun tidak terdistorsi panas matahari.

batu alam malang | Taman Saya

Coba bandingkan dengan korek api, perkiraan saya beratnya sekitar 2ton mungkin juga lebih, ini membuat mahal di biaya pemindahan daripada nilai riil dari batu itu sendiri, tetapi dengan teknik sederhana itu semua bisa pindah ke halaman rumah kita dari pasir bata semen dan tentu saja kecakapan tukang tebing realief dalam membentuknya.

Ha ha ha.. saya lagi membayangkan duduk di atas batu besar yang landai itu, suara air sungai, matahari pagi menerpa dan angin sepoi-sepoi mengelitikku, lupa dweh sama semua tanggungan.


batu kali apung | Taman Saya

Dari ketiga gambar tadi kalau kita cermati mengandung banyak unsur warna mulai dari warna dasar hitam, coklat, merah, kuning, putih, hijau, dan jangan lupa di coating agar lebih mendekati seperti gambar.

Tapi kalau kesulitan definisi warna bolehlah copy atau print gambar ini sebagai acuan mencocokkan warna (untuk pribadi), caranya yaitu dengan mendekatkan hasil cetak gambar dengan warna percobaan yang ditorehkan pada artifisial, dan tentu saja warna itu harus setengah kering agar tidak berubah hasilnya.

terima kasih sungai,
semoga bermanfaat.

Label: , , , ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Anika mengatakan...

Excellent Work
Escorts London

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru