6 Sep 2011

Lampu Taman Asli Indonesia Inspirasi Stupa Borobudur

Stupa Candi Borobudur | Taman Saya

Seperti taman Jepang gambar lampu taman mereka dapat mewakili gaya taman, bagaimana lampu taman dari miniatur stupa candi Borobudur ini pasti akan jadi ikon Indonesia, dari hasil jalan-jalan Taman Saya menyatakan bahwa stupa bukan budaya Budha saja, tetapi budaya bangsa yang disampaikan pada dunia, dan kini bentuk stupa jadi lampu taman asli indonesia, Yuk kita buktikan.

Hasil oleh-oleh lebaran berwisata menambah banyak wawasan akan budaya yang membuka mata, Jalan berputar searah jarum jam (ikuti alur cerita) kelilingi dinding candi setiap lantai sampai atas, dan mengambil gambar realief batu candi yang menarik hatiku lalu mencari motif ukiran bunga dan ornamen membuat panas sinar matahari tak terasa, dan inilah hasil ideku.

Teringat lampu Jepang jadi iri, Sepertinya taman ada yang kurang bila tanpa lampu, Memang bentuk stupa ini sudah disadur jadi lampu taman, tapi hanya lobang wajiknya saja, yang sering saya jumpai bentuk dasarnya persegi panjang mirip balok dan ada tatakan serta bertopi seperti punya Jepang, cantik dan indah memang, karena kolaborasi itu, tetapi belum unik asli indonesia.

Lampu Taman Stupa Candi Borobudur | Taman Saya

Seperti ini baru unik, ingatlah teman pengrajin ornamen, semua bentuk apapun akan berkolaborasi sehingga akan lebih modern, tetapi akan jadi suatu trend dimasa yang akan datang bahwa bentuk alami dari tradisi akan dicari, mari kita budayakan lampu taman stupa, yuk . . .

Percaya atau tidak, 1000 tahun lebih nenek moyang kita membuat Borobudur, tidak kusangka barang kuno ini bisa menjadi ikon bangsa Indonesia, dan tidak aku duga, bahwa nenek moyang kita sanggup memberi nafkah secara langsung pada anak cucu mereka yaitu penduduk sekitar dengan berjualan makanan dan sovenir serta sculpture, JEMPOL kan . . . bagaimana dengan anak cucu kita ? . . OKE.

Ya ampun melenceng dweh tulisanku, maaf...

Kalau kita lihat sekilas lampu taman seperti ini tetap saja tampak kuno tidak menggairahkan mata, kadang sempat pula terlintas pikiran negatif akan keberadaannya di halaman rumah, tapi kalau pola pikir tentang taman sudah semakin maju dan berkembang, hal itu akan lewat menjadi suatu yang sangat ekskotik, indah dan menantang.

Bila lampu taman stupa terlihat kurang semangat jika berdiri sendiri, maka caranya yaitu dengan menambah tatakan empat kaki untuk jadikan tinggi sehingga radius cahaya menjadi tambah luas.

Sepertinya bukan itu saja, dengan tatakan akan lebih ekspos, tatakan empat kaki akan menghilangkan kesan individu untuk lampu taman jenis ini, coba modifikasi lainnya tapi tanpa merubah bentuk asli stupa.

Lestari budayaku.

Terima kasih kunjungannya,



Update: 16 Januari 2012, gambar lampu taman bentuk candi.


Miniatur Lampu taman Stupa Candi Borobudur | Taman Saya

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

yang belum ditampilkan disini lampu taman yang terbuat dari
bantu candi trm ksh'

Anton Purwono mengatakan...

Sudah di update gambarnya lampu motif stupa candi,
terima kasih kembali.

Anika mengatakan...

You share nice post.
Call girls London

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru