3 Feb 2012

Aplikasi Obat Tanaman Untuk Basmi Rumput Liar di Halaman Rumah 2

basmi rumput liar

Pekerjaan jadi mudah dan hemat bila mengenal obat tanaman, baik yang bersifat menumbuhkan maupun membasmi, berbagai macam obat pertanian bisa diaplikasikan untuk obat tanaman hias salah satunya yang berjenis herbisida ini, dulu sering digunakan petani tebu saat baru saja tanam untuk membasmi rumput liar, juga gulma lahan kelapa sawit.

Sebelumnya sudah dibahas rumput liar matikan dengan obat tentang herbisida merek apa yang disarankan, dan bagaimana kiat membeli obat pertanian yang asli karena Indonesia adalah negara agraris maka kebutuhan akan obat tanaman sangat besar sehingga merek laris banyak di copy paste oleh home industri.

Pemakaian herbisida di aplikasikan pada pagi hari atau siang hari saat tanaman dalam pertumbuhan dan fotosintesis atau mendapat sinar matahari langsung minimal 4 jam setelah disemprot, untuk dosis dan pencampuran dengan air sesuaikan dengan yang tertera di kemasan, atau Taman Saya pilih mudahnya yaitu dengan takaran 1 tutup botol obat kemasan kecil berbanding 1 liter air dan jangan lupa kocok dahulu botol sebelum di tuang.

Semprotkan mengenai daun dengan tekanan air tinggi, yaitu membuat kasar butiran air agar hasil maksimal (jangan berkabut), semakin tinggi gulma atau alang-alang maka tambahlah kosentrasi obat agar tidak sia-sia dan semprotlah secara merata di daun dan batang.

Bila semprotan herbisida mengenai daun tanaman dapat mengakibatkan gosong daun, tanaman hias tidak mati asal tidak banyak daun yang terkena herbisida, INGATLAH bahwa rumput liar dapat dibunuh, apalagi rumput tidak liar.

Efek dan cara kerja herbisida ini adalah setelah disemprotkan di daun dan batang dia akan melekat di bagian itu, karena herbisida ini mengandung perekat dan penembus jaringan tanaman, lalu tanaman menyerapnya sebagai bagian dari fotosintesis dan mengedarkannya keseluruh bagian tanaman hal itu menyebabkan gulma rumput liar kering sampai akar, itu butuh tiga hari untuk melihat efeknya.

Satu minggu kemudian rumput liar telah kering semua dan mudah dicabut dari tanah tanpa menggunakan alat dan bila belum kering benar tunggu beberapa hari karena faktor cuaca mendung juga berpengaruh, jangan lupa untuk semprot secara periodik rumput baru hasil dari pertumbuhan biji rumput liar.

Oh iya ketinggalan, Taman Saya pernah mencoba saran petani sayur di Batu - Malang untuk menambahkan potas (katanya lebih sip..) yang bisa dibeli di toko bangunan, juga pernah menambahkan perekat khusus obat pertanian merek lain, tetapi hasilnya sama saja, malah makin ribet campur ruwet.

Salam bebas gulma,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

2 komentar:

kaka mengatakan...

Ada efek sampingnya ga ya ke tanah, maklum masih pengen nanem yg lain.
Terima kasih

Anonim mengatakan...

judul n isinya gak nyambung gannn

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru