23 Jul 2011

Buat Taman Gaya Minimalis dan Jenis Tanaman yang Digunakan

Gaya Taman Minimalis di Apartemen

Gaya taman minimalis merupakan gaya kontemporer yang banyak dipilih oleh masyarakat modern belakangan ini, juga banyak disukai kaum muda perkotaan karena dapat diterapkan dalam lahan yang terbatas, bahkan gaya juga dapat diterapkan pada apartemen.

Model taman minimalis bisa diterapkan pada semua bentuk bangunan, tinggal bagaimana mensiasatinya, bila arsitektur rumah yang digunakan menggunakan gaya minimalis maka pemilihan model ini lebih mendukung konsep minimalis yang diusung arsitektur bangunannya.

Taman gaya ini bisa didiskripsikan dengan meminimalkan penggunaan tanaman dalam perencanaannya, pemilihan tanaman hanyalah sebagai elemen dekoratif saja, karena gaya taman cenderung memusatkan perhatian pada kekuatan disain taman secara keseluruhan.

Komposisi ruang pandang merupakan fokus dari gaya minimalis,yaitu menjaga seketat mungkin keselarasan segala unsur yang berada dalam disain.

Tanaman yang digunakan biasanya dipilih bukan hanya berdasarkan jenisnya saja, tetapi juga memperhatikan struktur batang tanaman. Umumnya gaya taman ini menggunakan tanaman yang memiliki karakter sculpture (karakter batang yang bisa ditempatkan tunggal).

Termasuk dalam kelompok tanaman ini adalah jenis kaktus, agave, sikas, dan palem.

Syarat lainnya adalah pemilihan tanaman menggunakan tanaman yang lambat pertumbuhannya, diantaranya seperti : kamboja Jepang, kamboja, tabebuia, kenanga, cempaka, medinilla magnifica, alamanda, dan sikat botol.

Tanaman alternatif lain, carilah tanaman semak yang berkarakter berdiri atau lurus ke atas dan dominan hijau, misalnya pakis, typha (cat tail), cyprus, papirus, heliconia.

Dengan pembatasan jenis tanaman yang digunakan, gaya minimalis kemudian menonjolkan elemen lain seperti pemasangan paving block sebagai alas tanaman, pot model minimalis, dan lampu taman.

Gaya taman ini dapat diterapkan dalam lahan yang terbatas, juga dapat diterapkan pada apartemen, serta perawatan yang tidak terlalu rumit dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Selamat ber minimalis . .

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru