8 Agu 2011

Buat Taman Gaya Taman Sari

Taman Gaya Taman Sari

Gaya taman sari merupakan adaptasi dan gambaran dari taman-taman di puri atau istana raja jaman dahulu, cirinya ada kolam pemandian dan taman, kolam pemandian dalam aplikasi taman gaya ini diibaratkan kolam yang dihiasi tanaman air atau bisa diletakkan dalam pot dan kolam tersebut biasanya berbentuk simetris (bersudut lancip).

Taman air ini merupakan pilihan gaya taman yang menarik, karena bukan hanya indah namun juga menambah kesejukan udara sekeliling karena penguapan air kolam.

Taman sari yang dimaksud ini dalam bentuk mini, bentuknya cukup beragam, yaitu :

satu, berbentuk kolam hias dengan beragam tanaman hias air.

dua,  terdiri dari beberapa gentong atau tempayan dilapisi semen yang disusun sedemikian rupa membentuk rawa-rawa mini.

tiga,  kolam kecil dengan air terjun mini atau kolam dengan mata air yang keluar dari suatu obyek.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara taman gaya ini adalah banyaknya nyamuk yang telurnya menyebarkan jentik-jentik yang cukup riskan bagi kesehatan.

Untuk itu rajinlah memberikan abate secara periodik, bisa juga dengan menaruh beberapa ikan kecil sebagai predator jentik nyamuk, seperti ikan moli, ikan guppy, ikan betta, ini jenis ikan yang tidak merusak tanaman.

Agar air kolam tidak keruh oleh tanah atau lumpur, tanaman dapat ditempatkan dalam wadah-wadah pot semen yang diletakkan di atas tumpukan bata sebagai penyangga, ini mudah dipindah, penataannya menjadi lebih menarik dengan pengatur tinggi rendah tanaman dalam kolam.

Tamanam hias air yang dapat digunakan diantaranya adalah teratai, lotus, water poppy, iris, papyrus, pontederia cordata, typha (cat tail), apu-apu (water lettuce).

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru