31 Jul 2011

Hama Cabuk Pada Tanaman Hias

hama cabuk

Cabuk putih atau kutu tanaman sering dijumpai menyerang pada tanaman hias tidak berbatang keras, tetapi ada juga yang menyerang tanaman berbatang keras di bagian ranting berdaun muda, cabuk ini ada berbagai macam warna yaitu hitam, kuning, merah dan putih yang sering banyak dijumpai.

Saya sendiri sudah pernah menjumpai berbagai warna cabuk yang bentuknya seperti kutu anjing dan kalau dewasa ada yang bersayap, pada awalnya hanya mengenal yang berwarna putih, waktu melihat yang warna hitam sempat heran juga, terlebih warna kuning dan merah.

Cabuk ini menyerang batang, daun dan bunga muda untuk diserap sari makanannya, dan ini menyebabkan tanaman bisa mati bila mencapai ambang batas serangan pada tanaman yang tidak berkambium, Sedang untuk tanaman batang keras, dapat menyebabkan pertumbuhan stagnan, merontokkan bunga dan daun, menyebabkan gagal panen bila pada tanaman buah.

cabuk putih yang bersarang dibawah daun pada sore dan pagi hari karena menghindari terik matahari, untuk penanganan dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida yang ada dipasaran sesuai dengan petunjuk pada kemasan, penyemprotan yang baik dilakukan pada pagi hari dari bawah ke atas agar panas matahari membantu memperlemah cabuk.

Kadang kala kutu putih yang bersarang di bawah daun tidak mati oleh semprotan pestisida yang kita semprotkan, untuk itu dapat dicoba penyemprotan ulang dan jangan lupa tambahkan larutan sabun / detergen yang dicampur dengan pestisida.

Larutan detergen / sabun dimaksudkan agar lapisan pelindung (lapisan lilin) pada cabuk putih dapat dihancurkan dan pestisida dapat mengenai cabuk secara kontak sehingga dia akan mati.

penyemprotan peptisida bisa ditambahkan perekat yang juga dijual di toko-toko pertanian, juga bisa ditambahkan PPC atau pupuk pelengkap cair, patuhilah dosis yang tertera pada petunjuk penggunaan.

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru