18 Jul 2011

Taman Kering Tidak Selamanya Kering

Komponen Taman Kering

Buat taman kering tidak selamanya tampak kering, kita bisa memasukkan unsur air dalam berbagai alternatif, atau bisa kita buat dengan perumpamaan penyusunan batu kerikil yang berkelok-kelok bak air, juga mendapatkan background hijau untuk menyejukkan mata.

Apa arti taman kering . . , yang menurut saya adalah taman yang dibuat tidak pada tempatnya, seperti di dalam ruangan, atau barang kali tempatnya ada tapi tidak memungkinkan untuk taman, dan taman itu dibuat hanya untuk mengisi kekosongan ruangan agar diperoleh keindahan, taman jenis ini bisa mengurangi perawatan, juga bisa menambah waktu perawatan tergantung dari komponen yang dibuat.

Dapat pula diartikan mengurangi unsur benda hidup dengan memperbanyak benda mati dalam elemen-elemennya.

Tanaman yang direkomendasikan yaitu jenis tanaman dingin yang sedikit konsumsi sinar matahari.

Pemakaian unsur semen akan terlihat dominan, dapat dilihat dari pemakaian kayu-kayuan, artifisial pohon kayu yang menyatu dengan pot kecil sehingga tampak hidup, itu semua bisa dipakai tetapi bisa juga ditinggalkan.

Untuk mendapatkan background hijau dapat dipakai batu kerikil hijau telur asin, bisa diumpamakan rumput, sedang untuk menghasilkan perumpamaan air didapat dengan menata batu hijau dikombinasikan dengan batu putih dan dibuat berkelok seperti air yang mengalir.

Kalau berdana lebih, pakai pula batu pacitan besar (kuning kecoklatan), batu fosil, atau jenis batu lainnya sebagai penguat karakter taman kering.

Pemakaian unsur air sesungguhnya dapat diterapkan dengan pemakaian gentong, pot teratai atau pot jenis lain yang dapat menampung air, bisa juga kolam kecil atau alternatif yang lainnya.

Bila ingin gemercik air, tambahkah pancuran air yang di gerakkan dengan mesin pompa untuk aquarium. oke . . .

Usahakan pot air terbuat dari semen dan di beri pelapis cat (coating) agar awet dan tidak mudah berlumut, bisa di lihat di artikel saya sebelumnya : Penempatan Pot yang Tepat.

Modifikasilah taman kering milik anda sendiri, masih banyak hal lain yang masih harus diperhatikan dengan taman jenis yang satu ini.

Semoga bermanfaat.

Label: ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Lukisan Minimalis mengatakan...

wahh gan bikin taman benar-benar bagus. terima kasih gan atas infonya, salam kenal ya.

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru