8 Agu 2011

Tanaman Khusus Buat Taman Gaya Bali

tanaman untuk gaya bali


Taman gaya Bali ini sangat disukai oleh orang karena karakter bentuknya kuat rindang dan berkesan tradisional, banyak pula orang dari luar negeri menyadur taman gaya ini karena bentuk dan polanya mirip dengan kebiasaan orang di beberapa negara Eropa yaitu rungsep atau rimbun tertata, serta dimasukkannya ornamen batu, patung atau pot yang berisi air menambah kesan etnik.

Karena sudah banyak yang membahas, dan supaya tidak basi maka saya hanya menyarankan tanaman apa saja yang sebaiknya dipakai dalam pembuatan taman yang satu ini.

Dimulai dari tetangga saya orang Bali yang sering kerumah hanya karena ingin meminta kamboja punya saya yang bunganya bercorak merah tua bulat di tengahnya warna merah tua dan bau khas seperti minyak kelapa, padahal dirumahnya ada pohon kamboja putih dan kuning untuk upacara keagamaan.

Nah, kamboja inilah yang merupakan ciri khas pertama, lalu bunga sepatu dengan daun yang lebat akan dapat membuat kesan rungsep serta bunganya yang seperti terompet.

Ada pandan bali, pohon kelapa yang bisa di siasati dengan memakai tanaman palem phoenix, tidak tahu apa kasiat pohon kelapa ini, tetapi dengar-dengar masyarakat Bali tidak mengambil pupus atau janur daun kelapa di daerah mereka, tetapi kebanyakan dikirim dari Jawa terutama dari daerah Banyuwangi.

Helikurnia yang merupakan kelompok pisang-pisangan juga pisang Bali melambangkan bagian dari ritual yang saya sendiri tidak tahu upacara apa tetapi yang saya tahu buah pisang sering dipakai dalam berbagai acara.

Macam macam tanaman air sepeti teratai dan lotus sepertinya ini tidak perlu dibahas lagi karena ini seperti sebuah icon dalam kebudayaan hindu.

Bakung, pleomele, rumput reponika, alamanda, teh-tehan, apu-apu, tanduk menjangan, monstera, bisa juga dimasukkan sebagai komponen tanaman.

Untuk jenis tanaman lainnya dapat dimasukkan asalkan bisa memberi kesan hijau dan rungsep, tapi hati-hati untuk tidak membeli tanaman yang pertumbuhannya pesat dan carilah yang pertumbuhannya tidak lebih dari 3 meter untuk menjaga agar panas matahari tetap dapat menembus tanaman perdu rendahnya, hindari tanaman yang banyak kerontokan daunnya semacam bungur, sono kupu, dadap merah.

Selamat ber Gaya Bali.

Label:
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru