22 Sep 2011

Gaya Taman Alam Oriental


Taman Oriental termasuk didalamnya taman bergaya Jepang dan Cina serta Korea yang menerapkan konsep Taoisme, ciri-cirinya selalu memakai unsur air yang dianggap dapat mengalirkan energi chi jadi sering pula menggunakan kolam dan danau buatan, pada taman Jepang model sand garden adalah yang paling menonjol.

Gaya Jepang, Cina, dan Korea kalau sama buat apa diekspos, he he he . . . ini konsep dasarnya, taman Jepang mengandalkan bentuk alam secara miniatur, taman Korea membiarkan alam sebagaimana adanya, dan taman Cina membentuk dunia dalam versi kecil.

Sama dengan taman tropis yang menggambarkan alam Indonesia, taman Jepang juga merefleksikan bentuk alam Jepang, mereka membuat hamparan pasir yang setiap harinya digaruk-garuk menyerupai aliran air, konon alur pasir ini berpengaruh ke psikologis pemiliknya.

Untuk taman Jepang, detailnya ada di sini Taman Jepang dari Pengalaman.

Karena gaya oriental Cina berkonsep luas yaitu membentuk dunia dalam versi kecil, maka lahan yang digunakan pastilah juga akan luas, tembok naga, pegunungan, danau, air terjun, paviliun, ruang minum teh adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam taman tradisional ini.


Oleh karena itu dalam penerapan di taman rumah akan saya persempit pada ciri gazebo khas oriental yaitu beratap pagoda sebagai bagian utama pengganti hardscape paviliun.

Tanaman pangkasnya juga berciri yingyang yaitu bulat, maka jangan heran jika lingkaran akan menjadi tema utama setelah gazebo, bahkan pohon cemara bisa melingkar meliuk-liuk dipangkas menyerupai pagoda.

Dua sisi dunia hitam dan putih yang selalu beriringan juga tidak pernah lepas dari konsep ini dan dipaparkan dalam berbagai apresiasi, kadang tampak jelas tetapi ada pula yang tersamarkan.



Untuk Gaya Korea yang berkonsep membiarkan alam secara apa adanya, untuk yang tradisional tidak sama kata tetapi sama arti dengan gaya Cina.

Saya mohon maaf, memasukkan tema Pagoda dan simbol Yingyang dari taman oriental Cina, semua ini imajinasi dan insting sebagai pekerja taman, karena saat artikel ditulis belum ada di wiki maupun artikel Indonesia yang menulisnya.

Salam,
terima kasih . . .

Bermanfaat : Tips Tebing Kolam

Label: ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Anika mengatakan...

This publication is excellent.
Cheap London Escorts

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru