16 Jan 2012

Yuk Pangkas dan Gunting Tanaman di Taman Karena di GENJOT Hujan

tips pangkas tanaman


Musim Hujan, banyak unsur nitrogen masuk dalam tanah, jadikan tanah subur dan lembab untuk pertumbuhan akar dan tanaman jadi di genjot pertumbuhannya seperti kata Melani, maka perlu dipangkas tanaman hias dan tanaman buahnya, kalau teknik memangkas dilakukan dengan benar maka di periode berikutnya lebih banyak bunga, buah, atau lebih cantik tentunya.

Tujuan dari kita memangkas tanaman adalah untuk alasan estetika dan produktivitas, lalu untuk alasan keamanan, dan yang terakhir untuk kesehatan tanaman itu sendiri.

Pemangkasan untuk estetika dan produktivitas dilakukan bila tanaman menjadi lebat dan proporsinya mengganggu komposisi taman sehingga tidak asyik lagi dipandang, dengan lebatnya daun maka tanaman jadi kurang berbunga, bila itu terjadi pada tanaman buah tentu akan mengurangi kelebatan buah.

Alasan keamanan misalnya mengganggu jalan kita sehari-hari, kondisi dahan sudah rapuh, atau mengganggu kabel listrik depan rumah, maka pemangkasan tanaman adalah solusi.

Pemangkasan untuk kesehatan tanaman bila tanaman terserang hama atau penyakit, perlu adanya pemangkasan pada bagian itu untuk mengurangi penyebaran penyakit, prosesi dan caranya simpel yaitu potong agak jauh dari batang yang sakit dan oleskan alkohol atau fungisida yang sudah dilarutkan.

Tips memangkas tanaman :

Pangkas tanaman sehabis berbunga atau berbuah, ini dilakukan agar tanaman dapat berbunga lagi lebih lebat.

Jangan memangkas tanaman yang baru saja di beri pupuk, lakukan sebaliknya yaitu pupuklah setelah dipangkas.

Pemangkasan pada cabang kecil lebih baik daripada cabang besar karena bekas luka dapat jadi sumber masuknya penyakit jadi perlu perlakuan khusus.

Pangkas cabang yang kearah atas agar tanaman tidak tumbuh tinggi.

Kalau ingin membentuk pangkasan dengan model tertentu pakailah gunting rumput, gunting rumput gunakan dengan membolak baliknya agar enak memangkas dan lebih mudah.

Ada satu lagi dalam memangkas pembentukan tanaman, yaitu teknik memangkas dengan sedikit di tarik secara bersamaan, hal ini bertujuan agar daun pangkasan tidak masuk di dalam kerimbunan tanaman dan menjadi sampah. (kalau anda bisa melakukan ini, maka anda tukang pangkas tanaman profesional hwakaka. . . )

Salam berpangkas ria di musim hujan ini . .

dan terima kasih mampir di sini.

Label: , ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Mia mengatakan...

Could you explain it more clearly?

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru