28 Okt 2011

Membuat Taman Rumah di Halaman Tampil Memikat

sketsa gambar taman

Dalam Taman Rumah, kunci taman sebenarnya adalah strategi memadukan semua unsur di dalamnya termasuk juga dalam penataan warna tanaman untuk mendapatkan tatanan yang harmonis dan enak dimata, pilihlah gaya taman minimalis atau tamansari mana yang lebih tepat tentunya harus mengacu juga pada gaya bangunan seperti yang saya tulis terdahulu.

Membuat Taman Rumah di Halaman Tampil Memikat Dengan Perpaduan Semua Unsur dan Warna Serta Pemilihan Gaya Taman


Tiap pemilik rumah pasti menginginkan suasana yang nyaman, agar ia dan keluarga betah tinggal di rumah tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat taman nyaman dan indah. Salah satunya dengan menghadirkan kerimbunan tanaman-tanaman di halaman rumah.

Memiliki rumah dikelilingi taman yang asri baik itu di halaman depan, samping atau belakang rumah adalah menjadi cita-cita pemilik rumah yang tentu saja didukung dengan kertersediaan lahan.

Taman pada halaman rumah yang dipenuhi berbagai macam tanaman memiliki peran yang sangat penting, selain berfungsi sebagai penghijauan yang bermanfaat untuk kesehatan juga memberi pesona dan warna tersendiri yang tidak dapat diganti dengan elemen lainnya.

Simaklah dan pahami beberapa alenia di bawah ini :

Penampilan taman tidak harus berbiaya mahal, yang terpenting adalah kembali pada fungsi asli taman yaitu membuatnya terlihat hijau, asri, memikat, dan disesuaikan dengan kemampuan merawatnya. Maka adalah perlu untuk membuat perencanaan yang realistis cermat agar mendapatkan hasil penataan taman yang harmonis.

Sesuaikan elemen utama dan elemen penunjang dalam proporsi seimbang, elemen utama adalah tanaman dan elemen penunjang adalah sebagai penghias seperti pot, lampu taman, tatakan kaki, ornamen. Proporsinya disesuaikan sendiri ya . . karena tidak ada aturan baku, maka anda tidak perlu takut untuk bereksperimen, bila anda pandang cantik maka disitu akan terlihat cantik. Kalau masih kesulitan mungkin ini bisa jadi acuan, yaitu bahwa elemen penunjang tidak lebih dari 10 persen pada gaya tertentu, atau ini bisa juga yaitu bahwa elemen penunjang adalah untuk mengarahkan mata yang melihat pada titik lokasi tertentu.

Kunci taman sebenarnya adalah strategi memadukan semua unsur didalamnya termasuk juga dalam penataan warna tanaman, untuk mendapatkan tatanan yang harmonis enak di mata. Berikut ini adalah urutan warna tanaman berdasarkan paling dominan hijau muda, hijau tua, kuning, putih. Warna yang tidak dominan adalah merah, merah muda, coklat, biru, hitam, warna ini adalah untuk memperkuat karakter taman yang membuat tanaman lebih cantik.

Kalau ingin memilih gaya taman yang sesuai dengan rumah dan harapan serta keinginan, coba mulai dari membaca tips memilih gaya dan menata taman ini.

Salam,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

3 komentar:

Indonesia Ku mengatakan...

trimakasih infonya sob..kini aku sedang mencar-cari artikelnya, sehubungan sedang merehab halaman masjid...salam...

Mobile App Developers mengatakan...

Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

Kaleigh mengatakan...

It's nice that you write about it

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru