8 Sep 2010

Kolam Ikan dan Manfaat

Kolam ikan koi

Buat kolam ikan koi, ikan tombro, gurame, lele, patin, dan jenis ikan hias maupun konsumtif adalah inspirasi tersendiri bagi mereka yang menyukainya, termasuk saya. Kepuasan akan didapatkan, begitu pula dengan kebosanan, tapi itu semua tak menyurutkan orang untuk membuat kolam ikan di berbagai tempat khususnya di halaman rumah.

Kolam Ikan dan Manfaat Keindahan Membawa Kesejukan Serta Ada yang Untuk Konsumsi


Membuat kolam ikan sebenarnya mudah, asal tetapkan dahulu maksud dan tujuan dari apa yang akan dibuat, jangan karena keinginan sesaat gara-gara melihat bagus kolam ikan milik tetangga misalnya. Apa ingin membuat kolam ikan agar rumah tampak indah, atau untuk refleksi diri, atau kebutuhan akan elemen air dalam rumahnya, mungkin butuh bunyi gemercik air dan memberi makan ikan setiap harinya, sepertinya ini tidak tepat yaitu membuat kolam di taman berharap untuk dapat memanen ikan suatu hari "siapa tahu".

kedalaman dan filter kolam juga menjadi perhatian utama sebagai standar dibuatnya kolam, dangkal adalah untuk ikan kecil, sedang atau kurang dari 60cm kedalaman air adalah standar kolam, lebih dari itu adalah untuk ikan besar dan mahal seperti ikan koi.

Setahu saya bila ada yang memelihara ikan untuk konsumsi pribadi di kolam hias tampaknya tidak pernah berhasil, karena dari sejak kecil diberi makan dan setelah besar akan timbul kasihan, ha.. ha.. ha..

Elemen kolam beserta ikan yang ada di dalamnya sangatlah menyenangkan, walau ada beberapa orang senang melihat ikan tetapi tidak suka merawatnya, tapi itu semua tak berarti dengan sistem filter yang baik pembersihan kolam berjangka lama, dan bisa dilakukan dengan menggunakan jasa orang lain.

Manfaat lain dari elemen ini adalah bila disertai gemercik air akan membawa nuansa lain di rumah, selain itu bila penempatan kolam tepat akan sangat bermanfaat sekali untuk menambah kesejukan di dalam rumah khususnya daerah panas seperti di Surabaya tempat penulis tinggal, dan ini ada konsep dasar taman minimalis yang bisa dipadukan dengan pembuatan kolam hias.

Salam damai,

Label: , ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru