10 Sep 2010

Keindahan Palem

Palem

Banyak kita lihat pohon palem berbagai jenis tumbuh dan ditanam di berm, di taman rumah maupun di taman umum, memang terlihat Indah, kokoh, elegan, ada palem putri yang elok batang dan daunnya, ada palem ekor tupai yang bagus tetapi harus di halaman yang luas karena cepat tumbuh, atau pinang merah dan si bintang perak palem bismark, wow keren.

Palem adalah tanaman populer yang banyak jenis, karakter, dan sifatnya. Berakar serabut, berbatang tunggal dan tidak memiliki cabang, keindahannya ada di batang dan daun, sedang pada beberapa jenis palem buahnya terlihat cukup unik dibanding bunganya.

Daun palem banyak variasinya, ada yang mirip sirip ikan, jari-jari tangan, bulat berlipat mirip kipas, simbol bintang, bulat telur dan lainnya. Berbagai jenis palem ini merupakan elemen taman yang sangat menarik, ada yang dipakai sebagai penghijauan, pemanis halaman, penutup sudut ruangan, dekorasi gebyok pengantin, wah . . pokoknya banyaklah.

Sebenarnya pohon ini cukup mudah perawatannya, dan tidak mudah mati, Memang ada beberapa yang sangat sulit penanamannya seperti pohon kurma yang baru saja dipindah, pada awalnya sangat sulit sekali dan mudah mati, tetapi kalau sudah hidup pada tempatnya yang baru maka akan menjadi tanaman yang kuat dan kokoh.

Pada gambar disamping adalah palem uban palem asli Indonesia, batang yang besar di pangkal dan mengecil di ujung, tekstur daun seperti kipas dan sangat besar, serta pada batang ditumbuhi serabut coklat keputihan seperti ijuk tetapi lunak, sungguh cantik untuk pohon tunggal.

Untuk jenis palem besar seperti ini perawatan tidak sukar, tetapi perlu berkala dan tenaga saja yang besar untuk memangkas daun tua, untuk pemupukan dan pengobatan seperti biasa saja hanya yang perlu diwaspadai adalah hama kwangwung, mbug, rayap dan ulat seperti pada tanaman-tanaman lainnya.

Salam,

Label: , ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru