11 Sep 2010

TAHAPAN PROSES PEMBUATAN TAMAN

sketsa taman

Cara membuat taman sebenarnya ada aturan-aturan dasar yang mendahului, tidak begitu saja jadi taman indah, taman cantik, taman minimalis, taman mini. Tahap demi tahap prosesnya, tapi kadang perlu juga inovasi dan gerak cepat dalam pembuatannya, ini yang saya sebut fleksibel pada tantangan tertentu, tetapi tetap saja mengikuti tahapannya dan hanya dikerjakan dalam satu dua waktu.

Dalam proses pembuatan taman, hampir sama dengan mendirikan bangunan, yaitu dengan mengikuti tahap-tahapnya untuk hasil maksimal dari segi keinginan pemilik, lahan yang ada, bangunan yang diikuti, ketersediaan material, yang semuanya mengacu pada masa depan taman, bukannya saat ini saja tampak indah, tapi berkendala dikemudian hari.

Tahapannya sebagai berikut :

1. Inventarisasi Tapak
Meliputi aspek fisik, sosial, ekonomi, teknik dan lingkungan.

2. Analisis
Mengidentifikasi potensi dan kendala yang ada.

3. Sintesis
Memanfaatkan potensi dan memecahkan masalah untuk kepentingan pembangunan taman.

4. Konsep Perencanaan dan Perancangan
Pembuatan rencana makro hingga rancangan detail taman, meliputi tata ruang, spesifikasi bahan, alat, tenaga dan biaya, lamanya waktu pembangunan dibuat tertulis dan disertai gambar.

5. Pelaksanaan
Proses dan pelaksanaan fisik pembangunan taman.

6. Pemeliharaan
Perencanaan waktu, teknik dan biaya pemeliharaan; penanggung jawab pemeliharaan, evaluasi desain.

Oke, beginilah sedikit dari teori tahapan proses pembuatan taman yang tentu saja tetap teori bukan prakteknya, tapi bisa juga dipakai sebagai acuan dalam prosesi dalam cara pembuatan taman.

Bagi yang masih kuliah desain landskap pasti tidak asing lagi, kalau ada yang membaca artikel ini maka artikel ini hanya latihan menulis dan pelajaran awal taman saya waktu awal-awal dalam pembuatan taman, yuk masuk lebih dalam di blog saya, dan mari saling share dengan tukang taman ini dengan melalui kolom komentar.

Semua pengalaman ini adalah dari saya yang mencoba menuangkannya dengan tulisan, maaf bila ada yang salah, karena saya hanya tukang taman, tukang desain, tukang tebing, tukang dekorasi, pengawas taman real estate, distributor obat pertanian, parahnya jadi kuli tamanpun juga pernah, Sedangkan belajar menulisnya cuma kelas satu SD. Terima Kasih.

Salam dari Antonius Yanwar Purwono,


Nb. - Update,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

aplikasinya bagaimana..

Ali Arham mengatakan...

Thanks buat semua informasi, sukses selalu

Ali Arham mengatakan...

Thanks, buat semua info, SUKSES selalu.

Ali Arham mengatakan...

Thanks buat semua informasi, sukses selalu

Ali Arham mengatakan...

Thanks buat semua informasi, sukses selalu

Azzazzaman mengatakan...

sy sering dpt borongan utk mengerjakan taman.,pdhal tdk ada ilmu tentang pertamanan kira kira ada yg bs kerjasama dng sy klo tertarik ini no contak sy: wijaya 081320678741

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru