11 Sep 2010

Mari Merancang Taman Sendiri

Merancang Taman Sendiri | Taman Saya

Yuk, merancang taman sendiri yang mudah dan simpel tanpa jasa landscape design, terutama untuk yang punya lahan sempit, ini ada solusi untuk lahan sempit yaitu membuat taman rumah di atas atap dan membuat taman indah vertikal, serta aturan dasar membuat taman saya lampirkan.

Apapun konsep dan gaya taman, bila persiapan pembangunan diperhitungkan dan lokasi atau lahan dipersiapkan terlebih dahulu maka banyak hal yang dapat diantisipasi.

Sebelum Anda menanami lahan, perlu juga dilihat di mana posisi matahari, posisi bangunan dengan jalan, dan kemungkinan menanam pohon yang tepat.

Pengamatan lokasi yang detail dapat membuat fungsi taman maksimal, tidak hanya sebagai penyejuk mata tapi dapat menyaring polusi udara dan suara.

Walaupun lahan di rumah Anda tak cukup luas, upaya pembuatan taman tak harus surut. Apalagi kini terdapat berbagai cara merealisasi keberadaan sebuah taman.

Pertama atap rumah, maksudnya dek beton, tentu agak rumit jika cara menanam pepohonan seperti di dek rumah, caranya adalah dengan menanam di dalam pot atau tong.

Kedua dengan taman vertikal, yaitu menanam tanaman dalam pot lalu dibuat bersap-sap dalam menaruhnya, sehingga menghemat ruang.

Hal lain yang perlu diperhatikan seperti ini :

- Bayangkanlah seperti apa taman yang akan dibuat, 1 tahun ini tidak akan sama dengan 3 tahun atau 5 tahun kemudian, karena tanaman akan berkembang.

- Rancang anggaran yang akan digunakan, agar tidak terlalu membengkak, karena itu pasti berdasar pengalaman pribadi.

- Komposisi warna tanaman sesuaikan dengan rumah atau keinginan, carilah tanaman yang perawatannya mudah.

- Ini tekniknya, penyusunan tanaman dari rendah kebelakang semakin tinggi dan berlaku pula untuk material lain, buat semua pengaturan bersudut tumpul (melengkung) kecuali taman formal atau memang diinginkan, perhatikan arah aliran air hujan pastikan menuju pembuangan dan tidak mengendon di taman.

- Pastikan semua material taman bisa masuk. Oh iya. . . cari tanaman yang akarnya tidak merusak bangunan, bila lahan taman dekat bangunan rumah.

Begitulah sedikit dari Saya, semoga bermanfaat.

Salam,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru