22 Okt 2011

Rawat Batu Alam di Halaman Taman Rumah Indah

lantai batu borobudur

Patung, ornamen, dinding dan lantai batu alam di dalam rumah tidak terlalu bermasalah, tapi bila di halaman taman rumah dan di teras rumah bagaimana ? tentu flek hitam karena lumut akan hadir dimana-mana, mari simak cara pencegahan dan perawatannya.

Gambar di atas adalah lantai batu dari candi borobudur yang sudah berumur seribu tiga ratus tahun, saya pasang gambar itu karena adalah sebuah inspirasi untuk menata lantai atau dinding dengan teknik nenek moyang kita yang tentu saja adalah dasar seni batu alam sekarang.

Model susunannya lucu tidak beraturan dengan rongga di sela-sela batu yang berfungsi untuk mengalirkan air, karena tetap kering dan menghadap matahari langsung maka lumutpun enggan tumbuh, tetapi bila kita menyisir dinding candi yang menghadap utara dan selatan ada beberapa titik yang ditumbuhi lumut dan jamur hijau karena tidak terkena panas matahari langsung dan resapan aliran air hujan sepertinya terpusat dilokasi tersebut.

Dari situ dapat diambil hikmah pula bahwa talang air hujan harus kita kontrol dan di arahkan langsung kesaluran pembuangan, air hujan yang turun dari genting pun bila terpercik kedinding dalam volume banyak dan terus menerus terutama saat musim hujan bisa menumbuhkan lumut karena lembab dan berpori-pori, begitu pula pada batu alam yang berada di luar bangunan rumah.

Batu alam memang cantik bila berpadu dengan dinding pagar maupun tembok rumah, tekstur dan warna alami yang tiada dua, tapi sayang batu yang indah baik yang lunak seperti batu palimanan dan yang keras seperti batu marmo, yang berharga standart maupun yang mahal, tidak ada pengecualian dari serangan lumut dan jamur, "jadi ingat pernah liat cewe cantik berkulit mulus tapi ada panunya. . ." Hwa.. ka.. ka..

Jika para lumut ini sudah terlanjur cinta sama batunya yaitu menempel erat karena lupa merawat maka sulit sekali membersihkannya karena yaitu tadi batu alam memiliki pori-pori, bisa di bersihkan dengan sikat besi tapi akan MERUSAK warna alami, dengan air keras pakai sikat plastik juga dapat membuat KUSAM warna tetapi tidak parah dianjurkan pakai kacamata renang agar mata tidak buta, coba pikir maksud saya, percikan air keras menjadi liar bila kita menggosok dengan sikat pada media tidak beraturan.

Pencegahan pada lumut adalah dengan melapisi batu alam pada dinding dan patung serta ornamen dengan cat pelapis yang biasa disebut dengan coating yang khusus untuk batu alam, coating ini tidak mempengaruhi warna alami batu, tapi malah akan memunculkan warna yang terang dan indah pada batu, sekedar pengetahuan bahwa coating ini berwarna bening.

Ada dua jenis cat coating yaitu mengkilap dan tidak, pelapis khusus ini juga menghindari batu dari kotoran karena mudah dibersihkan, dan pesan saya pakailah coating tidak terlalu tebal tetapi menutup semua pori-pori yang ada dengan rata.

Dapat disimpulkan bahwa tindakan pencegahan akan tumbuhnya lumut dapat dihindari dengan mengusahakan batu alam tidak terkena grojokan air terus menerus dari talang, dan pemakaian coating hendaknya dilakukan setelah pemasangan, sekedar informasi bahwa tembok semen juga bisa dihindarkan dari lumut dengan teknik tersebut.

Salam, bebas lumut

Label: ,
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru