30 Okt 2011

Tips Merawat Taman Rumah Minimalis dan Kolamnya

Merawat Taman Minimalis | Taman Saya

Trend taman minimalis sudah mengalami banyak perkembangan, banyak rumah semakin indah dengan gaya simpel ini, arah ke taman minimalis campuran disertai dengan pembuatan kolam serasa pas dan mantap untuk memenuhi berbagai kriteria para pemilik rumah, berikut ini sedikit pelengkap yang tentu akan menjaga taman anda agar tetap indah, cantik, dan menarik.

Kenalilah seluruh tanaman yang ada di taman karena ada tanaman yang suka banyak air dan ada yang tidak. Tanaman tertentu pertumbuhannya cepat dan ada yang lambat. Dari sifat tanaman di atas maka berpengaruh juga pada cara perawatan yang harus dilakukan, seperti cara siram, pemupukan, memangkasnya serta pengantian media tanam.

Supaya enak dan mudah dalam perawatannya serta tidak banyak waktu tersita, maka pilihlah tanaman yang pertumbuhannya lamban atau slow grown terutama pada gaya taman minimalis, karena ini merupakan salah satu syaratnya.

Lakukan pemangkasan bila ranting tumbuh tidak teratur sesuai dengan model yang dikehendaki, pertumbuhan di pangkal batang juga perlu dipangkas untuk menghindari besar kesamping, pangkaslah secara periodik supaya ketinggian tanaman dapat dikendalikan tidak cepat besar dan rimbun, juga agar komposisi ruang tanaman tidak berubah.

Untuk kemudahan dalam merawat tanaman air maka tempatkanlah tanaman air dalam pot yang tidak ada lubang pembuangan air untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya, di sini perlunya tatakan pot tinggi, sedang, dan rendah untuk meningkatkan cara ekspose tanaman agar tampak menonjol, memindahkan dan merubah tatanan tanaman akan semakin mudah, kalau penempatan di dalam kolam minimalis maka dapat memperlama periodik waktu kuras kolam kalau tanaman di tempatkan di pot terpisah dari air kolam.

Kolam hendaknya diberi ikan kecil bukan ikan besar yang dapat merusak tanaman air untuk jadi predator jentik nyamuk, ikan kecil seperti guppy dan moly saya rasa cocok, lebih tepat lagi ikan betta nama lain dari ikan tarung karena ikan ini lebih predator pada jentik nyamuk, abate sebagai obat jentik nyamuk juga solusi karena dapat membunuh jentik nyamuk dan kutu ikan.

Bila menanam tanaman merambat, atur dengan penyanggah agar rapi dan arahkan ranting tanaman yang belum rapat dengan mengikat antar ranting atau dengan penyanggah juga bisa.

Rumpun tanaman yang penuh bisa dikurangi dengan memecahnya jadi beberapa rumpun untuk ditanam kembali atau dibuang bila perlu.

Bila buat taman memakai jasa penata taman, maka perlu juga memintanya untuk melatih pramuwisma anda dasar perawatan taman, mulai dari cara menyiram, memberi pupuk, dan memangkasnya serta tidak lupa apa pantangan tanaman tertentu sehingga dapat mencegah kematian tanaman.

Terus rumput sepertinya tidak perlu di siram dweh.., tenang saja.. khan taman gaya minimalis tidak pakai rumput, he he he... yang ada juga batu dan perdu kecil sebagai pengganti rumput.

Salam perawatan,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Lukisan Minimalis mengatakan...

Terima kasih Gan atas postingannya,,, lg cari2 desain taman yang menarik :)

Poskan Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru