8 Nov 2011

Trik Furniture atau Hardscape Taman Tropis Percantik Taman

furniture taman

Penempatan Furniture di taman rumah merupakan elemen penunjang yang mempercantik taman, adalah teknik sederhana dengan penempatan yang tepat, ditunjang dengan sedikit trik dan pengertian akan gaya taman lalu ditambah sedikit biaya berbelanja furniture maka taman indah dipandang, cukup.

Umumnya material furniture pada taman tropis sama dengan taman klasik, hanya lay out saja yang berbeda yaitu simpel, alami mendekati alam, bila kita kembali ke dasar pengertian taman gaya tropis yang kembali ke nuansa rimbun rapi dan segar seperti alam di Indonesia itulah maksudnya.

Furniture yang digunakan yaitu lampu taman, bangku, pot, tatakan, tapak kaki dengan bentuk beraneka macam tetapi usahakan warnanya natural, seperti kehijauan, kecoklatan, kuning gading, dan bentuk-bentuk furniturenya condong keklasik modern. gunakan trik pemakaian cat yang sangat penting untuk nilai umur panjang, pemakaian coating juga perlu tetapi pakailah yang dof atau tidak mengkilat.

Banyak furniture taman yang terbuat dari batu alam, ada yang dari batu palimanan, batu candi, batu marmo atau pacitoroso (marmer bakar), batu pacitan. Trik Marmo dan Pacitan adalah batu yang disarankan karena batu ini sangat keras (pengalaman taman saya memotong batu dengan circle) sehingga kerapatan pori dapat mengurangi pertumbuhan lumut akan menambah nuansa alami, sepertinya perlu juga dicoating (dof) untuk nilai plus pada batu.

Kalau pingin lebih alami dan klasik tropis, ya . . jangan di cat coating, tetapi rajin-rajinlah membersihkan dari lumut sebelum lumut tersebut menyatu dengan batu alam dan sulit dibersihkan, kalau taman saya sih pilih yang lebih praktis.

Penggunaan batu alam sebagai furniture taman ini bisa pada lantai atau sebagai paving untuk melewati taman, pada dinding sebagai pelapis tembok atau sebagai realief dan ornamen, undakan pada tangga, sebagai alas pot maupun kolam.

Sebenarnya furniture taman dari unsur kayu akan taman saya bahas, tetapi tidak . ., sebaiknya hindari . ., lebih dianjurkan dari semen, besi dan batu.

Detail lainnya menurut taman saya akan berubah seiring dengan perkembangan seni pertamanan di Indonesia, peranan bapak, ibu dan saudara yang ikut berperan untuk mempercantiknya dengan ide, sedang di hardscape taman muncul berbagai model terbaru seperti gencarnya ide trik furniture untuk taman minimalis.

Maka untuk mempertegas konsep pada gaya taman khususnya taman tropis ini gunakan material hardscape berpola dan warna mirip alami, penempatan furniture menyatu dengan taman dan hanya satu dua saja, penempatannya jangan permanen agar bisa diubah mengikuti selera.

Salam furniture hunting,

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Holly mengatakan...

A very helpful article.

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru