26 Jul 2011

ke Taman Impian 5 - Tema Taman Jepang

Tema Gunung Fuji, Tofukuji Garden

Berikut ini adalah tema taman yang sering di pakai dalam taman gaya Jepang.

Tema pulau kecil yang dibangun di tengah kolam, kadang diletakkan sebuah batu besar, sebagai lambang "tanah kebahagiaan", pulau kecil tidak untuk dimasuki orang dan tidak dibangun jembatan.

Tema kombinasi dari elemen dasar seperti batu-batu, pulau kecil, dan pepohonan yang melambangkan kura-kura dan burung jenjang untuk umur panjang.
Pulau kecil di tengah kolam dibangun seperti bentuk kura-kura atau diletakkan batu yang melambangkan kura-kura di tepian.


Tema lain yang populer adalah Gunung Fuji atau miniatur lanskap-lanskap terkenal di Jepang.


Taman Gaya Kaiyu


Tema di atas telah mengalami perkembangan, seperti halnya taman-taman di Indonesia, para ahli seni taman Jepang di negara asalnya juga telah mengembangkannya menjadi lebih moderen tetapi mereka tetap tidak merubah aturan dasar seni taman Jepang, itulah yang membuat taman Jepang di akui dunia, sedang taman asli indonesia seperti taman sari, taman kaputren, taman sumber awan dan lain sebagainya tinggal puing dan pohon beringin saja yang tersisa, sangat cocok untuk masih dunia lain.

Mari kita lestarikan seni taman asli Indonesia, kalau ada yang menggali dan mengumpulkan bahan kajian, saya bisa di undang dan diajak untuk ikut dalam bagian. Terima kasih kawan.

Lanjutan dari :
ke Taman Impian 1
ke Taman Impian 2
ke Taman Impian 3
ke Taman Impian 4

Label:
IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru