4 Okt 2011

Lupa Rawat Taman Ingatkan 2011 Kemarau 5 Tahunan

sprinkler

Siram-siram tanaman yuk . . , gunakan gembor, sprayer, sprinkler, selang, kalau perlu gayung pun jadi, atau yang ekstrem pake truk Tanki karena di musim kemarau ini tentu tanaman yang kita rawat akan memberikan timbal balik yang sesuai dengan apa yang kita kerjakan.

Dimulai dengan kebiasaan menatap awan setiap hari, mungkin ini bisa jadi pelajaran yang bisa saya bagikan untuk semua, empat tahun lalu tepatnya tahun 2007 kemarau panjang yang sangat lama di Surabaya (mungkin tempat lain juga), hingga akhir Nopember baru terjadi hujan pertama, itu baru hujan awal dan tepat prediksi saya bahwa kira-kira dua minggu berikutnya baru terjadi hujan lagi, jadi bisa dikatakan musim hujan baru terjadi di akhir bulan Desember.

Kalau mengacu pada banjir 5 tahunan seperti di Jakarta, maka mungkin kemarau 5 tahunan bisa saja terjadi, mungkin ini prediksi saya yang salah karena baru 4 tahun yang lalu kemarau panjang, semoga saja tidak terjadi seperti pengalaman saya 4 tahun lalu dalam merawat tanaman di proyek pengembang perumahan di Sidoarjo.

Manage pola siram pada tanaman akan sangat baik dan perlu perhatian lebih, untuk yang berkecimpung dalam pengembangan perumahan hitunglah luas lahan Fasum, Berm, taman rumah contoh dan lainnya dalam meter persegi berbanding dengan meter kubik yang disiramkan, misal: 1 m3 air untuk 20 m2 luas siram dengan asumsi air meresap dalam tanah sekitar 5 cm lebih, kalau tidak sesuai anggaran sesuaikan, pingin pontang panting seperti saya . . silahkan. (kalau kurang jelas bisa isi kotak komentar)

gembor

Bila rasa suka dan cinta akan keindahan membuat kita bersemangat untuk merawatnya, maka sedihlah bila tanaman anda layu, untuk penyuka tanaman yuuk . . . siram taman rumah anda, yang paling baik saat menyiram tanaman adalah di sore hari saat matahari masih bersinar dan waktu itu penguapan air oleh panas minimal sehingga air meresap sampai kedalam tanah mencapai akar.

Gambar yang paling atas adalah sprinkler yaitu alat untuk mempermudah penyiraman tanaman khususnya rumput, memakai beberapa alat ini yang disambungkan dengan selang pararel akan sangat bermanfaat, saran saya belilah beberapa seperti gambar di atas, murah koq . . kalau dipindah-pindah dalam sekali siram boleh juga tapi saya pernah mengalami basah kuyup gara-gara alatnya cuma dua. he . . he . .he . .

Salam hijau selalu,

Update:

Syukurlah awal Nopember ini sudah hujan, senang rasanya melihat daun-daun lebih hijau karena debu tersapu air hujan, dan akan semakin lebat karena air hujan banyak mengandung nitrogen alami pengganti urea. Pekerja taman, perawat taman dan pemilik taman bisa lebih santai karena bisa fokus pada perawatan pembentukan, semoga akan tetap sama untuk tahun depan.

Link bermanfaat :
Hama Tanaman Hias - Kwangwung | I KOLAM KOI Contoh Design Kolam | Gaya Taman Oriental | Cara buat taman | Tips Buat Taman dan Menekan Biaya Pembuatan | KONSEP DASAR TAMAN MINIMALIS MODERN

IXOYE
Taman Saya adalah wujud dari keinginan untuk melestarikan tanaman, sebagai orang lapangan di taman, saya berbagi pengalaman.

1 komentar:

Mobile App Developers mengatakan...

This is the precise weblog for anybody who needs to seek out out about this topic. You notice so much its almost arduous to argue with you. You positively put a brand new spin on a subject that's been written about for years. Nice stuff, simply nice!

Posting Komentar

Silahkan bertanya atau menambahkan wawasan..

Entri Terbaru